Friday 27 April 2018

Contoh pidato bahasa indonesia Tema Kebudayaan


Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
            Salam sejahtera bagi kita semua

Bapak Budiyono S.pd.M.pd selaku Kepala SMPN 1 Sumowono yang saya hormati.
Bapak ibu guru serta karyawan SMPN 1Sumowono yang saya hormati.
Tak lupa teman-teman dan adik-adik yang saya cintai.

            Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat, nikmat, dan hidayahnya sehingga kita dapat berkumpul di rungan ini tanpa ada halangan suatu apapun.
            Yang kedua sholawat serta salam kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang kita nanti-nanti safa'atnya.
            Sebelum saya mengatakan apa yang harus saya katakan, saya akan memperkenalkan diri saya, nama saya Zakaria Ahmad dari kelas IX E. Pada kesempatan yang baik ini saya akan membawakan tema Kebudayaan.
            Ngeri memang jika kita membahas kebudayaan kita. Kebudayaan kita terus terkikis sedikit demi sedikit seiring berjalannya zaman. Indonesia terkenal mempunyai beragam adat dan budaya, mulai dari tari, lagu, pakaian adat, dan lain-lain. Bahkan negara tetangga ada yang mengatas namakan budaya bangsa kita sebagai budaya mereka. Faktor penentunya adalah pemuda bangsa ini sendiri. Pemuda menjadi generasi penerus untuk melestarikan budaya bangsa. Pemuda yang memiliki rasa cinta tanah air akan melaksanakan kewajibannya untuk melestarikan budaya bangsa kita. Tetapi pemuda yang tidak bertanggung jawab hanya diam melihat budayanya terkikis.
            Sudah sepantasnya kita sebagai pemuda yang bertanggung jawab, harus melestarikan budaya bangsa. Agar tidak hilang ditelan usia.
            Demikian sedikit uraian yang dapat saya sampaikan, apabila ada kelebihan itu semata-mata karena Allah dan apabila ada kesalalahan itu semua karena saya manusia biasa yang banyak kekurangan. Saya akhiri

            Jalan-jalan ke Baghdad
            Ke Baghdad beli oleh-olehnya
            Saya Zakaria Ahmad
            mohon maaf yang sebesar-besarnya

            Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh



           



No comments:

Post a Comment